Drone Canggih dari GE, Bisa Mendeteksi Kebocoran Gas

Friday, October 14, 2016

Informasi Teknologi - General Electric (GE) memiliki produk drone yang tidak kalah canggih. Drone buatan GE itu secara khusus ditujukan untuk industri minyak dan gas alam. Mereka pun mendesain drone yang disebut dengan Project Raven agar bisa mendeteksi adanya kebocoran gas. 

Informasi Teknologi - Drone Canggih dari GE

Pihak GE juga sudah mendemonstrasikan kemampuan dari drone canggih itu. Dalam demonstrasi yang mereka lakukan, drone Raven sanggup mendeteksi adanya kebocoran dari jarak yang cukup jauh, mencapai setengah mil atau setara 0,8 kilometer.

Keberadaan drone pendeteksi kebocoran gas ini diperkirakan bakal bisa memberikan kinerja yang efisien bagi perusahaan yang terjun di industri minyak dan gas alam. Terlebih, drone Raven ini bakal memberikan kinerja tiga kali lebih efisien jika dibandingkan dengan pekerjaan menggunakan tenaga manusia.

Menurut laporan dari Bloomberg, drone Raven buatan GE ini mempunyai desain berbentuk helikopter dengan baling-baling sepanjang 21 inci. Drone ini memiliki bobot tak kurang dari 20 pounds (setara 9kg) dan mampu terbang dengan kecepatan 64 kilometer per jam selama 40 menit.

Selain itu, drone ini juga dilengkapi dengan keberadaan sensor yang akan mentransmisikan data secara real time kepada operator. Belum ada informasi secara detail kapan GE akan secara resmi memperkenalkan drone canggihnya ini. Dan, menilik kemampuannya, drone ini bakal bisa pula digunakan untuk industri lainnya, termasuk adalah industri penyulingan.