Apple Garap Keyboard dengan Display E-Ink

Friday, October 14, 2016

Informasi Teknologi - Keyboard Display E-Ink Apple

Informasi Teknologi - Tak hanya Microsoft yang dikabarkan tengah menggarap keyboard baru, Apple baru-baru ini juga dilaporkan tengah menggarap keyboard baru. Sebelumnya Apple juga disebut menggarap sebuah MacBook Pro dengan panel OLED touchpanel yang akan menggantikan baris tombol fungsi. Idenya adalah bahwa touchpanel ini akan memberikan informasi kontekstual dan tombol tergantung pada aplikasi yang sedang berjalan saat ini.

Jika itu dikhususkan untuk laptop, nah keyboard baru yang digarap Apple ini dikhususkan untuk desktop. Menurut sebuah posting di Reddit, pengguna yang muncul dengan nama Foxconninsider mengklaim bahwa selama acara Foxconn di Tsinghua University di China, tampaknya ada keyboard Apple pada display yang menampilkan teknologi layar e-ink.

Keyboard ini dikatakan prototipe awal dan dirancang untuk pengujian, yang berarti bahwa ada kemungkinan jika keyboard itu mungkin tidak akan pernah dibuat menjadi produk akhir.

Foxconninsider mengatakan bahwa Foxconn telah menyelenggarakan acara tertutup yang dihadiri oleh pentinggi dari berbagai manufaktur besar, di mana Apple memamerkan dua prototipe yang belum pernah dirilis sebelumnya. Mengapa Foxconn yang mengadakan acara? Seperti yang kita ketahui, raksasa manufaktur itu telah menjadi mitra paling penting Apple dalam merakit berbagai produk Apple.

Moderator Reddit mengklaim telah memverifikasi identitas pengguna tersebut, terlepas dari benar atau tidaknya bocoran ini, namun ia mengatakan jika poster merupakan salah satu karyawan universitas. Untuk keyboard baru tersebut dikatakan dibuat oleh Sonder dan tampaknya Apple mempertimbangkan akan mengambilnya untuk teknologi mereka.

Dengan memiliki key e-ink, memungkinkan keyboard untuk lebih kontekstual di mana ia dapat memungkinkan pengguna untuk mengubah bahasa pada tombol, atau mungkin menawarkan up mode yang berbeda di mana ia bisa menyediakan shortcut untuk aplikasi tertentu seperti Photoshop, atau bahkan bisa memiliki mode game, dan lain sebagainya.

Tentu saja ini akan menjadi sangat menarik karena belum ada sebelumnya dan jika Apple benar-benar meluncurkannya, pasti akan banyak peminatnya. Namun, tetap saja ini belum bisa dipastikan kebenarannya, dan diharapkan ada bocoran lain yang datang dengan rincian informasi yang lebih akurat.