XL Siap Uji Coba Internet 4.5G, Bakal Hadirkan Kecepatan Internet Fantastis 300Mbps

Friday, October 14, 2016

Informasi Teknologi - XL

Informasi Teknologi - XL baru saja melakukan uji coba terbaru untuk jaringan 4.5G miliknya. Kehadiran jaringan 4.5G XL ini bakal memberikan peningkatan akses internet secara drastis untuk para pelanggan XL. Secara teori, jaringan 4.5G ini akan mampu meningkatkan kecepatan internet jaringan XL hingga dua kali lipat.

Sebelumnya, jaringan 4G LTE milik XL memiliki kecepatan hingga 150Mbps. Dan, kalau pengujian jaringan 4.5G ini berjalan lancar, maka mereka akan bisa mendapatkan akses internet dengan kecepatan pengunduhan file hingga 300Mbps.

Pihak XL sudah memulai pembangunan sarana dan prasarana untuk jaringan 4.5G ini sejak bulan Juni kemarin. Menurut rencana, pembangunan sarana dan prasarana itu akan selesai pada bulan November mendatang. Sebagai langkah awal, pengujian jaringan 4.5G ini hanya akan dilakukan di empat wilayah.

Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono seperti dikutip dari Kompas Tekno mengungkapkan, empat wilayah tersebut adalah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan yang terakhir adalah Denpasar. Sayangnya, Rahmadi tidak menjelaskan secara rinci kapan pengujian itu akan mereka laksanakan.

Rahmadi menjanjikan, kalau pengujian ini berjalan dengan sukses, kehadiran jaringan 4.5G milik XL juga akan dinikmati oleh para pelanggannya di kota lain. Dalam pengujian kecepatan internet yang dilakukan oleh para awak media, jaringan 4.5G milik XL ini memiliki kecepatan hingga 274,53Mbps. Jauh meningkat kalau dibandingkan pengujian yang sama untuk jaringan 4G LTE yang mencapai kecepatan 120Mpbs.

Hanya saja, ponsel yang sudah mendukung teknologi 4.5G milik XL ini masih sangat sedikit. Rahmadi mengatakan, untuk saat ini hanya Galaxy S7 yang sudah bisa dipakai untuk merasakan teknologi 4.5G XL. Selain itu, ada pula iPhone 7 yang masih belum hadir ke Indonesia, serta Galaxy Note 7 yang batal dijual.